ARTIFICIAL INTELLIGENCE
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Pengertian Artificial Intelligence – Teknologi dibuat untuk mempermudah aktivitas dan pekerjaan manusia. Salah satu teknologi yang sedang gencar di buat guna menciptakan perangkat yang canggih adalah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan sering disebut sebagai AI.
Banyak inovator yang berlomba-lomba untuk menciptakan kecerdasan buatan yang super canggih karena bidang ini masih memiliki banyak potensi untuk digali. Untuk anda yang belum ada gambaran sama sekali mengenai bidang ilmu ini mungkin anda bisa membayangkannya dengan menonton salah satu film karya Marvel yaitu Iron Man.
Dalam film tersebut Pemeran utama memiliki pakaian robot yang dapat bicara yaitu Jarvis. Jarvis merupakan salah satu role model AI masa depan yang canggih dan sangat cerdas.
Pengertian Kecerdasan Buatan

AI atau Artificial Intelligence adalah sebuah bidang ilmu yang digunakan untuk membuat hidup manusia lebih baik dari masa ke masa. Upaya ini dilakukan dengan memberikan kecerdasan pada mesin supaya dapat berpikir seolah-olah seperti manusia.
Komputer dapa dibuat menjadi sebuah entitas yang cerdas dengan pemberian data-data dalam sebuah database. Selain diberi data, komputer akan diberikan kemampuan untuk mempelajari data. Data dipelajari dan di training. Training dan pembelajaran data ini akan membuat sistem mampu menentukan keputusan dan melakukan tugas untuk memudahkan manusia di masa depan.
Seperti disebutkan sebelumnya, Jarvis adalah salah satu contoh penggunaan AI. Meski kecerdasan yang dimiliki oleh Jarvis ini sifatnya masih fiksi ilmiah, tapi kecerdasan buatan saat ini sudah memiliki kemiripan yang cukup tinggi dengannya.
Jarvis memiliki kemampuan bicara memiliki kemampuan deteksi kondisi kesehatan dan melakukan hal-hal lainnya yang diperintahkan oleh kreatornya. Hal ini disebabkan karena kecerdasan jarvis yang memang sudah sangat terlatih. Komputer cerdas seperti jarvis inilah yang diharapkan akan ditemukan di masa depan sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk mengembangkannya saat ini.
Fungsi dan Tujuan Kecerdasan Buatan

Untuk pengertian dari AI sedikit banyak anda sudah paham bukan? Oleh karena itu mari kita lanjut ke bahasan selanjutnya mengenai fungsi dan juga tujuan kecerdasan buatan.
Fungsi Kecerdasan Buatan
Untuk fungsinya, kecerdasan buatan memiliki cukup banyak fungsi. Kecerdasan buatan diharapkan dapat melakukan beragam hal yang akan memudahkan manusia mulai dari pemrosesan bahasa alami, mengenai persepsi, penalaran, menggerakkan dan manipulasi objek, mengenai pengetahuan, dan juga melakukan pembelajaran.
Jika di ambil kesimpulan secara menyeluruh, kecerdasan buatan berusaha untuk membuat robot yang memiliki kecerdasan yang mirip atau bahkan lebih dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia.
Dengan menggunakan kecerdasan buatan, manusia dapat menjadi pemerintah sedangkan robot cerdas digunakan untuk melakukan pekerjaan kasar. Robot dengan kecerdasan buatan akan memiliki pengetahuan yang lebih tinggi daripada manusia karena untuk memberikan kecerdasan buatan manusia hanya perlu memasukkan data dan sistem akan mempelajarinya.
Contohnya Google. Google adalah sebuah mesin pencari. Ia memiliki banyak sumber pengetahuan dan ia adalah mesin. Dalam mesin pencarian Google ditanamkan juga kecerdasan buatan untuk menentukan hasil pencarian yang lebih sesuai dengan keyword yang kita masukkan. Seperti yang kita tahu sistem Google saat ini sangat berbeda dengan sistem Google di masa lalu bukan?
Tujuan Penggunaan Kecerdasan Buatan
Tujuan pembuatan mesin yang canggih ini adalah untuk mengurangi waktu kerja sehingga kegiatan dapat lebih efisien. Dengan menggunakan kecerdasan buatan, manusia menjadi lebih murah dalam mengambil keputusan dan melakukan kegiatannya dibandingkan pada masa lalu.
Bukan hanya lebih mudah penggunaan kecerdasan buatan dalam komputer juga membuat waktu pengerjaan sebuah kegiatan menjadi lebih cepat. Contohnya. Dahulu untuk melakukan searching di mesin pencari kita perlu mengetikkan satu persatu huruf di kolom pencarian bukan?
Saat ini mesin pencarian seperti Google sudah memiliki implementasi kecerdasan buatan sehingga hanya dengan berbicara dengan memerintah melalui suara ponsel anda sudah bisa menjalankan perintah anda.
Hal ini merupakan tujuan dari penggunaan kecerdasan buatan. Yaitu untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan.
Sejarah Kecerdasan Buatan
Komputer dalam dunia teknologi memiliki sejarah yang cukup panjang, sama halnya dengan perkembangan kecerdasan buatan. Berikut ini adalah sejarah mengenai perkembangan dari kecerdasan buatan dalam kehidupan manusia.
Era Komputer Elektronik
Sejarah kecerdasan buatan dimulai dari era komputer elektronik. Era ini dimulai sekitar tahun 1941. Dalam era elektronik ini ditemukan sebuah alat untuk melakukan pemrosesan informasi dan juga penyimpanan data secara digital yaitu dengan komputer elektronik. Meskipun perkembangan teknologi kecerdasan buatan pada saat ini belum pesat akan tetapi penemuan penyimpanan dan pemrosesan informasi ini menjadi awal dari kemunculan kecerdasan buatan.
Masa Persiapan Kecerdasan Buatan
Pada masa ini merupakan masa awal pembuatan kecerdasan buatan. Masa ini dimulai tahun 2 tahun setelah penemuan komputer elektronik yaitu pada tahun 1942 hingga tahun 1956. Masa persiapkan ini di tandai dengan ditemukannya sebuah model syaraf tiruan yang dilakukan oleh 2 peneliti yaitu Mc Culloch dan juga Walter Pits.
Dalam model yang mereka temukan disebutkan bahwa setiap model syaraf dapat di hitung dengan menggunakan fungsi sehingga membuat hubungan menjadi logis. Dalam tahun awal penemuan ditemukan struktur jaringan sederhana yang kemudian disempurnakan pada tahun 1950 oleh Norbet Wiener dalam pengenalan prinsip dan teori mengenai feedback yang dikenal dengan teori termostat.
Tahun 1956 mulai perkembangan kecerdasan buatan yang cukup mengherankan pada saat itu. Pada saat tersebut sudah mulai dikenal komputer yang melakukan pemikiran dengan hasil non numerik atau bisa disebut dengan penalaran. Penciptaan komputer ini dilakukan oleh John McCarthy yang hingga saat ini disebut sebagai bapak kecerdasan buatan.
Masa Awal Perkembangan
Sebagai bapak kecerdasan buatan, McCarthy tidak hanya menciptakan mesin tersebut, melainkan ia mendefinisikan bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk membantu pembuatan komputer dengan kecerdasan buatan agar lebih mudah. Masa ini dimulai pada tahun 1952.
Selain itu, pada masa ini ditemukan juga beberapa hal yang berhubungan dengan kecerdasan buatan seperti program geometri theory prover, program untuk menyelesaikan masalah integral tertutup dan juga masalah analogi. Semua program-program ini dibuat dengan menggunakan kecerdasan buatan sehingga masalah menjadi lebih mudah untuk diselesaikan.
Perkembangan kecerdasan buatan sempat mengalami perlambatan pada tahun 1966 hingga 1974. Akan tetapi setelah itu mulailah dilakukan pembuatan program kecerdasan buatan yang berbasis ilmu pengetahuan dan pada akhirnya pengembangan kecerdasan buatan sebagai jaringan syaraf tiruan kembali dimulai pada tahun 1986 hingga sekarang.
Contoh Kecerdasan Buatan
Saat ini sudah ada banyak sistem yang menggunakan kecerdasan buatan dan sangat cerdas. Salah satunya adalah teknologi Google seperti yang disebutkan sebelumnya. Selain itu ada juga banyak aplikasi kecerdasan buatan yang menarik seperti :
Video game

Salah satu contoh AI yang kebanyakan orang mungkin kenal, sejak pertama kali adanya video game yang pertama, AI telah digunakan. Tetapi tingkat kompleksitas dan keefktivan AI tersebut telah meningkat secara eksponensial selama beberapa dekade terakhir.
AI menghasilkan karakter permainan video yang mempelajari perilaku Anda, merespons rangsangan dan bereaksi dengan cara yang tidak dapat diprediksi.
Bumi Tengah 2014: Bayangan Mordor sangat penting untuk kepribadian individu yang diberikan kepada setiap karakter non-pemain, ingatan mereka tentang interaksi masa lalu, dan tujuan variabel mereka.
Penembak orang pertama seperti Far Cry dan Call of Duty juga memanfaatkan AI secara signifikan, dengan musuh yang dapat menganalisis lingkungan mereka untuk menemukan objek atau tindakan yang mungkin bermanfaat bagi kelangsungan hidup mereka; mereka akan berlindung, menyelidiki suara, menggunakan manuver mengapit, dan berkomunikasi dengan AI lain untuk meningkatkan peluang kemenangan mereka. Sejauh yang dilakukan AI, video game agak sederhana, tetapi karena pasar industri yang besar, banyak upaya dan uang yang diinvestasikan setiap tahun untuk menyempurnakan jenis AI ini.
Mobil Pintar (mobil nyetir sendiri)

Anda mungkin belum pernah melihat seseorang membaca koran saat mengemudi untuk bekerja, tetapi mobil self-driving semakin mendekati kenyataan; Proyek mobil self-driving Google dan fitur “autopilot” Tesla adalah dua contoh yang telah ada di berita akhir-akhir ini. Washington Post melaporkan pada algoritma yang dikembangkan oleh Google yang berpotensi membiarkan mobil self-driving belajar mengemudi dengan cara yang sama seperti yang dilakukan manusia: melalui pengalaman.
AI yang dijelaskan dalam artikel ini belajar bermain video game sederhana, dan Google akan menguji kecerdasan yang sama dalam menggerakkan game sebelum pindah ke jalan.
Idenya adalah bahwa, pada akhirnya, mobil akan dapat “melihat” di jalan di depannya dan membuat keputusan berdasarkan apa yang dilihatnya, membantunya belajar dalam prosesnya.Meskipun fitur autopilot Tesla belum cukup canggih, fitur ini sudah dapat digunakan di jalan. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi ini pasti sedang dalam tahap penyempurnaan.
Prediksi Pembelian
Pengecer besar seperti Target dan Amazon akan menghasilkan banyak uang jika mereka dapat mengantisipasi kebutuhan Anda. Proyek antisipatif antisipatif Amazon berharap untuk mengirimkan barang sebelum Anda membutuhkannya, benar-benar meniadakan kebutuhan untuk perjalanan menit terakhir ke toko online. Sementara teknologi itu belum ada, pengecer bata-dan-mortir menggunakan ide yang sama dengan kupon; ketika Anda pergi ke toko, Anda sering diberi sejumlah kupon yang telah dipilih oleh algoritme analitik prediktif.
Ini dapat digunakan dalam berbagai cara, apakah itu mengirimkan kupon, menawarkan diskon, penargetan iklan, atau penyimpanan stok yang dekat dengan rumah Anda dengan produk yang kemungkinan akan Anda beli. Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini adalah penggunaan AI yang agak kontroversial, dan itu membuat banyak orang gugup tentang potensi pelanggaran privasi dari penggunaan analisis prediktif.
AI Perawatan kesehatan

Taruhan terbesar adalah meningkatkan hasil pasien dan mengurangi biaya. Perusahaan menerapkan pembelajaran mesin untuk membuat diagnosis yang lebih baik dan lebih cepat daripada manusia. Salah satu teknologi kesehatan paling terkenal adalah IBM Watson. Ia mengerti bahasa alami dan mampu menjawab pertanyaan yang diajukan.
Sistem ini menambang data pasien dan sumber data lain yang tersedia untuk membentuk hipotesis, yang kemudian disajikan dengan skema penilaian kepercayaan.
Aplikasi AI lainnya termasuk chatbots, program komputer yang digunakan online untuk menjawab pertanyaan dan membantu pelanggan, untuk membantu menjadwalkan janji tindak lanjut atau membantu pasien melalui proses penagihan, dan asisten kesehatan virtual yang memberikan umpan balik medis dasar.
Bidang Keuangan
AI diterapkan untuk aplikasi keuangan pribadi, seperti Mint atau Pajak Turbo, adalah lembaga keuangan yang sedang naik daun. Aplikasi seperti ini dapat mengumpulkan data pribadi dan memberikan nasihat keuangan. Program lain, IBM Watson menjadi satu, telah diterapkan pada proses pembelian rumah. Hari ini, perangkat lunak melakukan banyak perdagangan di Wall Street.
Perangkat Rumah Cerdas

Banyak perangkat rumah pintar sekarang termasuk kemampuan untuk mempelajari pola perilaku Anda. Hal ini dibuat untuk membantu Anda menghemat uang, energi dan dalam upaya untuk meningkatkan kenyamanan.
Contoh kecerdasan buatan dalam perangkat rumah tangga cerdas:
- Menyalakan pemanas atau pendingin ruangan saat Anda berangkat kerja dan akan menyala sendiri pada saat Anda pulang adalah kemampuan kecerdasan yang sangat nyaman. Termostat tahu saat Anda pulang dan menyesuaikan suhu dengan tepat. Hal ini juga dapat membantu Anda menghemat uang dengan tidak memanaskan atau mendinginkan rumah saat Anda keluar rumah.
- Pencahayaan adalah tempat lain di mana Anda mungkin melihat kecerdasan buatan dasar; dengan menetapkan default dan preferensi, lampu di sekitar rumah Anda (baik di dalam maupun di luar) mungkin menyesuaikan berdasarkan di mana Anda berada dan apa yang Anda lakukan.
- Dimmer untuk menonton TV, lebih cerah untuk memasak, dan di suatu tempat di tengah untuk makan, misalnya. Penggunaan AI di rumah pintar hanya dibatasi oleh imajinasi kita.
Pengawasan Keamanan

Satu orang yang memantau sejumlah kamera video bukanlah sistem yang sangat aman. Karena orang mudah bosan, tidak dapat sepenuhnya fokus 100% dan untuk melacak beberapa monitor dapat menjadi sulit; bahkan dalam situasi terbaik sekalipun.
Itulah mengapa melatih komputer untuk memonitor kamera-kamera itu sangat masuk akal. Dengan latihan dan pelatihan yang diawasi, algoritme keamanan dapat mengambil masukan dari kamera keamanan dan menentukan apakah mungkin ada ancaman — jika ia “melihat” tanda peringatan, ia akan mengingatkan petugas keamanan manusia.
Tentu saja, jumlah hal yang dapat ditangkap oleh komputer saat ini sangat terbatas — Wired berbicara tentang melihat kilatan warna yang mungkin menandakan penyusup atau seseorang berkeliaran di sekitar halaman sekolah. Mengidentifikasi tindakan yang mungkin menyiratkan pencuri di toko kemungkinan melampaui batasan teknologi saat ini, tetapi jangan kaget jika teknologi semacam ini memulai debutnya dalam waktu dekat.
Itu lah beberapa Artikel tentang pengantar Artificial Intelligence.
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
https://www.pinterpandai.com/contoh-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence/
https://salamadian.com/kecerdasan-buatan-artificial-intelligence/
Komentar
Posting Komentar