Pengantar Animasi & Desain Grafis Tutorial Membuat Animasi Menggunakan Macromedia Flash Player 8 Bagian 1
Pengantar Animasi & Desain Grafis
Tutorial Membuat Animasi Menggunakan Macromedia Flash Player 8
Nama :
Titan Pramudya
Ikko Sudiana (15117971)
Kelas : 3KA08
Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
Sistem Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2019/2020
Pengantar Animasi & Desain
Grafis Tutorial Membuat Animasi Menggunakan Macromedia Flash Player 8
ABSTRAK
Animasi yang dibuat adalah sebuah tugas dari mata
kuliah Pengantar Animasi & Desain Grafis. Animasi merupakan gambar bergerak
yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga
begerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Bagaimana
cara membuat suatu animasi yang berbentuk 2 dimensi. Macromedia Flash Player 8
merupakan suatu software untuk membuat sebuah animasi berbentuk 2 dimensi,
referensi yang digunakan dalam animasi berasal dari video di Youtube dan artikel.
Ide yang digunakan dalam pembuatan animasi bersumber dari tips keamanan
berkendara.
Kata kunci : Animasi, Desain Grafis, Macromedia Flash
Player 8, Kemanan Berkendara
ABSTRACT
Animation created is an assignment from the
Introduction to Animation & Graphic Design course. Animation is a moving
image that comes from a collection of various objects that are arranged
specifically so that it moves according to a predetermined path at each time
count. How to make an animated 2-dimensional shape. Macromedia Flash Player 8
is a software for creating 2-dimensional animation, the reference used in the
animation comes from videos on Youtube and articles. The idea used in making
animation comes from driving safety tips.
Keywords : Animation, Graphic Design, Macromedia Flash
Player 8, Driving Safety
I.
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Animasi merupakan bentuk
gambar bergerak yang disusun secara khusus dengan waktu yang telah ditentukan.
Animasi banyak digunakan dalam berbagai bidang pendidikan, hiburan, arsitektur,
promosi, iklan, dll. Macromedia Flash Player 8 digunakan untuk membuat animasi
yang menarik dan interaktif. Selain itu Macromedia Flash Player 8 dibuat dengan
kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga
banyak digunakan.
1.2
Tujuan
1.
Menyelesaikan
tugas softskill Pengantar Animasi & Desain Grafis yang diberikan.
2.
Mendalami
pembuatan animasi.
3.
Menambah wawasan
dan pengalaman tentang sebuah animasi.
1.3
Manfaat
1.
Sebagai sumber
informasi bagi para pembaca.
2.
Memberikan langkah
dalam pembuatan suatu animasi.
II.
TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Animasi
Animasi adalah gambar bergerak yang
berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga
bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan
waktu. Objek yang dimaksud adalah gambar manusia, tulisan teks, gambar
hewan, gambar tumbuhan, gedung, dan lain sebagainya.
2.1.1
Pengertian Animasi menurut para ahli
Agus Suheri
Menurut Agus
Suheri pengertian animasi adalah kumpulan dari gambar yang sudah diolah
sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan.
Ibiz Fernandez
Menurut Ibiz
Fernandes pengertian animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali
serankaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.
2.1.2
Jenis animasi berdasarkan karakter yang dibuat
- Stop Motion Animation/Claymation
Dikenal juga dengan claymation, tekni dalam membuat animasi ini ditemukan oleh Blakton pada tahun kira-kira 1906. Memakai clay (tanah liat) sebagai objeknya. Teknik animasi clay sering digunakan untuk mendapatkan suatu visual eek untuk film-film di tahun 1950-1960 an.
Dikenal juga dengan claymation, tekni dalam membuat animasi ini ditemukan oleh Blakton pada tahun kira-kira 1906. Memakai clay (tanah liat) sebagai objeknya. Teknik animasi clay sering digunakan untuk mendapatkan suatu visual eek untuk film-film di tahun 1950-1960 an.
- Animasi 2 Dimensi/2D
Animasi jenis ini juga terkenal dengan sebutan kartu. Kartun atau Cartoon bisa didefinisikan sebagai gambar yang lucu, contohnya bisa dilihat di film-film kartun, banyak sekali gambar-gambar yang lucu yang ditunjukkan dan seringkali untuk menghibur, yang termasuk contohnya adalah tom & jerry.
Animasi jenis ini juga terkenal dengan sebutan kartu. Kartun atau Cartoon bisa didefinisikan sebagai gambar yang lucu, contohnya bisa dilihat di film-film kartun, banyak sekali gambar-gambar yang lucu yang ditunjukkan dan seringkali untuk menghibur, yang termasuk contohnya adalah tom & jerry.
- Animasi 3 Dimensi/3D
Semakin berkembangnya teknologi utamanya teknologi komputer maka muncul animasi 3 Dimensi. Animasi 3D ini adalah hasil pengembangan dari animasi 2D. Di animasi 3D objek akan seperti semakin hidup dan juga seperti nyata. Banyak contoh film dengan menggunakan teknik animasi 3D dan CGI (Computer Generated Imagery).
Semakin berkembangnya teknologi utamanya teknologi komputer maka muncul animasi 3 Dimensi. Animasi 3D ini adalah hasil pengembangan dari animasi 2D. Di animasi 3D objek akan seperti semakin hidup dan juga seperti nyata. Banyak contoh film dengan menggunakan teknik animasi 3D dan CGI (Computer Generated Imagery).
- Animasi Jepang
Animasi jepang disebut juga dengan Anime. Pada sekarang ini film-film anime banyak di senangi utamanya oleh para remaja, banyak sekali contoh film anime seperti Naruto, Dragon Ball dan lain sebagainya.
Animasi jepang disebut juga dengan Anime. Pada sekarang ini film-film anime banyak di senangi utamanya oleh para remaja, banyak sekali contoh film anime seperti Naruto, Dragon Ball dan lain sebagainya.
2.1.3 Jenis animasi berdasarkan teknik membuatnya
- Animasi Cel
Animasi Cel seringkali adalah lembaran-lembaran yang akan membentu animasi tunggal. Sehingga setiap cel adalah bagian terpisah, yang seperti objek dan juga latar belakangnya terpisah, sehingga dapat bergerak dengan sendirinya.
Animasi Cel seringkali adalah lembaran-lembaran yang akan membentu animasi tunggal. Sehingga setiap cel adalah bagian terpisah, yang seperti objek dan juga latar belakangnya terpisah, sehingga dapat bergerak dengan sendirinya.
- Animasi Frame
Animasi frame bisa disebut dengan teknik pembuatan yang sangat sederhana, seperti gambar/objek yang berbeda-beda di lembaran buku, kemudian buku tersebut dibuka secara cepat dengan jari maka gambar anime tersebut akan terlihat seperti sedang bergerak.
Animasi frame bisa disebut dengan teknik pembuatan yang sangat sederhana, seperti gambar/objek yang berbeda-beda di lembaran buku, kemudian buku tersebut dibuka secara cepat dengan jari maka gambar anime tersebut akan terlihat seperti sedang bergerak.
- Animasi Path
Animasi path merupakan teknik pembuatan animasi yang berasal dari objek yang digerakkan, gerakan tersebut mengikuti garis yang sudah ditentukan oleh pembuatnya. Di aplikasi Macromedia Flash, teknik animasi path bisa dipakai dengan menggunakan layer tersendiri sebagia lintasan dari objeknya.
Animasi path merupakan teknik pembuatan animasi yang berasal dari objek yang digerakkan, gerakan tersebut mengikuti garis yang sudah ditentukan oleh pembuatnya. Di aplikasi Macromedia Flash, teknik animasi path bisa dipakai dengan menggunakan layer tersendiri sebagia lintasan dari objeknya.
- Animasi Sprite
Animasi sprite ini memungkinkan objek bisa bergerak secara sendiri, sehingga objek lainnya hanya sebagai background atau latar belakang yang tidak dapat bergerak.
Animasi sprite ini memungkinkan objek bisa bergerak secara sendiri, sehingga objek lainnya hanya sebagai background atau latar belakang yang tidak dapat bergerak.
- Animasi Spline
Di teknik pembuatan animasi spline, objek yang bergerak tidak mengikuti lintasan garis lurus, memungkinkan objek yang bergerak seperti mengikuti lintasan yang berbentuk kurva.
Di teknik pembuatan animasi spline, objek yang bergerak tidak mengikuti lintasan garis lurus, memungkinkan objek yang bergerak seperti mengikuti lintasan yang berbentuk kurva.
- Animasi Clay
Animasi ini memakai clay (tanah liat) sebagai objeknya. Tentu hal ini tidak menggunakan tanah liat biasa, tetapi menggunakan palasticin yaitu suatu baan yang lentur/elastis.
Animasi ini memakai clay (tanah liat) sebagai objeknya. Tentu hal ini tidak menggunakan tanah liat biasa, tetapi menggunakan palasticin yaitu suatu baan yang lentur/elastis.
- Animasi Vektor
Animasi vektor adalah teknik pembuatan animasi yang memakai rumus matematika dalam menggambar objeknya.
Animasi vektor adalah teknik pembuatan animasi yang memakai rumus matematika dalam menggambar objeknya.
- Animasi Karakter
Salah satu contoh dari animasi ini adalah animasi 3D yang sering dipakai untuk membuat suatu film. Di animasi karakter masing-masing objek mempunyai ciri dan gerakan yang berbeda, tetapi masing-masing objek tersebut bergerak secara bersamaan.
Salah satu contoh dari animasi ini adalah animasi 3D yang sering dipakai untuk membuat suatu film. Di animasi karakter masing-masing objek mempunyai ciri dan gerakan yang berbeda, tetapi masing-masing objek tersebut bergerak secara bersamaan.
2.1.4 Prinsip Animasi
-
Solid Drawing (kemampuan menggambar)
-
Squash and Strech (menekan dan melentur)
-
Anticipation (antisipasi)
-
Staging (penataan gerak)
-
Straiht Ahead and Pose to pose
-
Follow Through and Overlappping Action (gerakan mengkuti)
-
Slow in and slow out
-
Archs (konstruksi lengkung)
-
Timing
-
Secondary Action (gerakan pendukung)
-
Exaggeration (melebihkan)
-
Appeal (daya tarik)
2.2 Macromedia
Flash Player 8
Macromedia flash adalah Adobe
Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak
komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan
untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang
dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat
diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash
menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya
pada Flash 5. Sebelum tahun 2005, Flash
dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah
Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir
yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama ‘Macromedia’ adalah Macromedia
Flash 8.
2.3 Adobe
Illustraror
Adobe Illustrator adalah program
editor grafis vektor terkemuka, dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems.
Illustrator CC merupakan versi terkini program ini, generasi kedua puluh untuk produk
Illustrator. Adobe Illustrator
pertama kali dikembangkan untuk komputer Apple Macintosh pada Desember 1986 dan
dirilis pada Januari 1987. Pada waktu itu Adobe Illustrator adalah produk
pendamping dari Adobe Photoshop.
2.4 Wondershare Filmora
Wondershare Filmora adalah
perangkat lunak yang datang dengan tampilan intuitif editing video yang mudah
Video Editing yang sederhana dengan agak elegan terlihat pada kesederhanaanya.
Yang dirancang secara sederhana software
video editing untuk pengguna rumahan, tidak profesional. Ketika Anda melihat
antarmuka utama Wondershare Filmora ini, Anda akan segera tahu bagaimana
menggunakannya. Hanya klik dan drag dan drop. Timeline-based editing video
membuat semua tugas-tugas jadi lebih mudah. Dengan fitur-fitur yang terbilang
lengkap kita dapat dengan mudah menambahkan dan mengeditnya sesuai dengan
keinginan.
III.
PEMBAHASAN
1.
Tahap persiapan
Pada tahap
ini mempersiapkan tema cerita yang akan dibuat dan install software yang
diperlukan, kemudian siapkan gambar yang akan dianimasikan, latar belakang,
backsound. Untuk file gambar sebaiknya format .PNG sedangkan backsound .Mp3
2.
Tahap pembuatan
Ketika sudah
menginstall Macromedia Flash Player 8 . berikut ini langkah-langkah membuat
animasi menggunakan Macromedia Flash Player 8 :
Gambar
1. Tampilan awal Macromedia Flash P 8
Ini adalah
tampilan awal dari user interface yang disediakan oleh Macromedia Flash P 8
untuk para user memulai pembuatan animasi.
Kemudian
membuat lembar kerja baru dengan menekan tombol Ctrl + N atau File > New
Gambar
2. Tampilan new slide kosong
Setelah
berhasil membuat dokumen yang baru, langsung kita masuk ke jendela kerja yang
kita gunakan
Kemudian ,
masukan import gambar yang telah di buat dengan Adobe Illustrator
Gambar
3. Tampilan untuk Import gambar
Cara import
IMPORT yaitu file > import. Setelah itu atur posisi dari gambar yang telah
di import
Gambar
4. Tampilan atur background yang sudah di import
Pada tahap
selanjutnya kita akan membuat frame atau tayangan sesuai menit yang di inginkan
Gambar
5. Tampilan Insert Frame
Untuk
menjalankan animasi dengan cara Create
Motion Tween
Gambar
6. Tampilan Create motion tween
Atur waktu
pada animasi di akhir dari waktu animasi yang kita berikan dengan Insert Key Frame
Gambar
7. Tampilan menambah Insert Keyframe
Kemudian lalu geser objek hingga
batas yang diinginkan pada titik akhir frame
Gambar
8. Tampilan geser objek ke titik keyframe di akhir
Klik insert KeyFrame pada beberapa titik frame jika
ingin membuat objek frezz
Gambar 9. Tampilan untuk membuat
objek frezze
Untuk menggabungkan dan memperindah animasi
yang sudah di buat melalui adobe flash p 8, buka aplikasi filmora
Gambar 10. Tampilan Import
file (animasi video dan elemen animasi)
Buatlah opening video di filmora menggunakan gabungan
elemen dari animasi instan gratis yang ada di aplikasi filmora
Gambar 11. Tampilan membuat opening di aplikasi
filmora
Tarik video animasi yang telah kita import ke dalam
aplikasi filmora
Gambar 12. Tampilan Tarik video animasi ke dalam
filmora
Komentar
Posting Komentar