I.T.I.L BUKALAPAK

TUGAS SOFTSKILL
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
PERUSAHAAN BUKALAPAK

Anggota Kelompok :
Joshua Michael Haposan     (13117091)
Maulana Fandi Hastono       (13117491)
Muhamad Lutfi Fadilah        (13117786)
Muhammad Fajar Sakti        (13117964)
Titan Pramudya Ikko Sudia  (15117971)






BUKAPALAK

Service Strategy
   Dengan dua juta kunjungan setiap harinya, Bukalapak merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Bukalapak juga mengklaim kalau 800 ribu penjual yang mereka miliki adalah yang terbanyak diantara e-commerce lainnya di Indonesia.

Inilah 4 Strategy layanan utama Bukalapak :

Hadir di mana-mana
   Untuk meraih lebih banyak penjual maupun pembeli di situs mereka, Fajrin mengatakan kalau Bukalapak harus hadir sesering mungkin di hadapan masyarakat. Itulah mengapa mereka kemudian rajin memasang iklan, baik di media sosial maupun di televisi.
Demi meraih perhatian masyarakat Indonesia, Bukalapak pun membuat iklan dengan cara yang unik, seperti meniru gaya pesulap Deddy Corbuzier, atau menganalogikan pengguna mereka sebagai seorang pahlawan. Di kanal YouTube mereka, Bukalapak bahkan membuat serial pendek dengan judul Kasih Tak Santai.

Fokus pada perangkat mobile
   Melihat perkembangan perangkat mobile dalam beberapa tahun terakhir, Bukalapak pun meyakini kalau mobile merupakan salah satu platform yang penting. “Kami pun akhirnya mulai mencurahkan perhatian yang lebih untuk mengembangkan aplikasi mobile sejak tahun 2015,” ujar Fajrin (Co-Founder Bukalapak).

   Aplikasi mobile Bukalapak pun disukai oleh banyak pengguna. Fajrin membuktikannya dengan menunjukkan data kalau rating aplikasi Bukalapak adalah yang tertinggi di Google Play dan Apple App Store untuk kategori e-commerce Indonesia. Saat ini, sekitar 61,9 persen transaksi di Bukalapak terjadi lewat perangkat mobile.

Analisis Kebiasaan Pelanggan
   Ketika disinggung tentang statistik uninstall aplikasi mobile, Fajrin mengatakan kalau Bukalapak punya strategi tersendiri untuk mengatasi hal tersebut. “Kami selalu menganalisis setiap kebiasaan pengguna, demi bisa mengetahui apa yang menyebabkan mereka melakukan uninstall,” jelas Fajrin.
   Menurutnya, saat ini Bukalapak punya tim tersendiri untuk melakukan analisis tersebut. “Kami mencoba membandingkan hasil analisis tim kami dengan yang dibuat oleh pihak ketiga, dan dalam beberapa hal apa yang dibuat tim kami ternyata terbukti benar,” ujar Fajrin.
   Yang tidak kalah penting, lanjur Fajrin, sebuah e-commerce harus memberi perhatian lebih kepada pelanggan-pelanggan setia mereka. Salah satunya dengan mengirimkan notifikasi kepada mereka terkait sebuah diskon. Fajrin menjelaskan bahwa yang dimaksud pelanggan setia adalah orang-orang yang menemukan Bukalapak secara organik lewat mesin pencari.

Offilne Gathering
   Demi menarik lebih banyak pengguna, Bukalapak juga mengadakan acara gathering secara rutin di berbagai kota di Indonesia. Acara tersebut biasanya dihadiri oleh para penjual di Bukalapak, yang saling berbagi informasi dan strategi seputar jual beli online.
“Hal ini menjadi sangat penting karena saat ini 70 persen transaksi yang terjadi di Bukalapak berasal dari luar Jakarta,” jelas Fajrin.
Dalam berbagai kesempatan, Bukalapak juga hadir di berbagai pusat perbelanjaan dan universitas untuk mengedukasi masyarakat akan kemudahan berbelanja dan berjualan secara online.

Service Design
   Survei yang dilakukan Techinasia menunjukkan, sebanyak 15,8 persen pengguna e-commerce merasa tidak nyaman dengan tampilan (user experience) dalam laman Bukalapak. Angka tersebut adalah yang paling tinggi jika dibandingkan dengan e-commerce lain seperti JD.ID, Lazada, Tokopedia, Shopee, dan Blibli.com.
Menanggapi hal ini, VP of Product Design Bukalapak Yoel Sumitro mengakui adanya kelemahan dalam laman mereka yang membuat pengguna, baik pelapak maupun pembeli, merasa kesulitan. Hal ini dipicu oleh tidak adanya kesinambungan antara designer dan pengguna website. "Memang kita mengakui design kita banyak yg bisa diimprove. Kesalahan utama kita adalah, kita nggak tau kalau orang yang mendesign dan orang yg memakai itu tottally diferent people," ujarnya kepada awak media
Dia menjelaskan, selama ini proses riset yang dilakukan paska pengembangan produk hanya dilakukan di Jakarta saja. Padahal, banyak pengguna Bukalapak yang berasal dari luar Jawa dan tentu memiliki pengalaman penggunaan yang berbeda. "Selama ini kita tes hanya di Jakarta, sekarang kita mulai push, kita kirim orang-orang ke daerah-daerah seperti di Binjai dan Makassar untuk menilai apa yang perlu agar bisa mengimprove desain kita," jelas Yoel.
Meskipun, pihaknya belum bisa menjelaskan secara lebih detil desain seperti apa yang sedang dikembangkan oleh Bukalapak. "Detilnya kita pasti nggak bisa bilang kaya bakal reform seperti apa. Tapi tim kita bener-bener lagi bikin setiap hari di ruang yang sama, brainstroming liatin desain-desain patern yg kira-kira bagus buat orang Indonesia kaya gimana," ujarnya.
Dengan berfokus pada pengalaman pengguna, Bukalapak berharap dapat menciptakan produk yang biaa digunakan oleh masyarakat secara luas. "Kami bisa design sekompleks apapun, se-fancy apapun kalau at the end mereka tidak bisa pakai, it's fails," ujar Yoel.

Service Transition
   Sejarah bukalapak tidak lepas dari kerja keras pendirinya. Bukalapak sendiri merupakan situs jual beli terpercaya,aman serta mudah digunakan.
Bagi orang Indonesia, situs bukalapak tidak lagi asing lagi di telinga karena sering muncul di televise. Beragam barang yang harganya kurang dari sepuluh ribu hingga yang harganya mencapai ratusan juta dijual di situs ini.
Sejarah bukalapak bermula dari ide Achmad Zaky, pendiri sekaligus CEO Bukalapak yang lahir di Sragen pada tanggal 24 Agustus 1986.
   Sejarah bukalapak dimulai ketika Zaky terilhami dengan sifat konsumtif masyarakat Indonesia. Dari situ Zaky mulai merintis bukalapak bersama temannya. Pada awal tahun 2010 saja, orang yang bergabung di bukalapak sudah mencapai 10.000 orang.
Situs bukalapak resmi berdiri dengan tujuan memberdayakan usaha kecil serta menengah yang ada di Indonesia. Situs ini memberi wadah bagi UKM yang ingin berjualan serta menemukan pembeli dari produk yang mereka buat.
   Pembentukan bukalapak memiliki misi yang mulia yaitu menaikkan kelas UKM dalam negeri. Menurut bukalapk, Usaha Kecil Menengah memiliki peran utama dalam aktivitas ekonomi negeri.
UKM juga memberi kesempatan kerja bagi rakyat Indonesia.bukalapak berkantor di kawasan Kemang Timur-Pejaten. Adapun kantor customer relationnya berda di Plaza 88 yang terletak di kawasan Kemang Bangka.

Service Operation
   Pada bagian ini membahas tentang cara Bukalapak untuk selalu menjaga layanan-layanan berjalan maksimal tanpa masalah. Seperti ada nya bagian customer service yang selalu siap 24-jam untuk menerima laporan masalah atau complain dari user yang mana Customer Service dari Bukalapak dapat dihubungi di nomor dan alamat yang terdapat pada situs Bukalapak sendiri.

Kelebihan Bukalapak:
   Bukalapak menyediakan pilihan untuk beli tanpa daftar sehingga memudahkan user yang ingin membeli barang namun tidak suka mendaftar
Tersedianya fitur pilihan ongkos kirim dari beragam ekspedisi pengiriman jasa
Adanya fitur diskon pada jenis produk yang dijual. Bukalapak juga sering menyediakan promo bagi para usernya.
Proses transfer yang cepat. Dana akan masuk sehari setelah data tracking menunjukan barang sudah sampai ke pembeli.
Tingkat keamanan transaksi yang lebih tinggi karena adanya fitur OTP
Tampilan website yang simple dan tidak berat.

Kekurangan Bukalapak:
   Warna tema yang mencolok sehingga kurang enak dipandang
Sangat seringnya penjual tidak mengirimkan barang, akan tetapi bukapalak bertanggung jawab dengan mengembalikan utuh dana yang sudah dibelanjakan.
Adanya fitur quick buyer yang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.

Continual Service Improvement
   Continual Service Improvement adalah bagaimana cara Bukalapak untuk memelihara kualitas dari situs/aplikasi dan memelihara kualitas layanan dari semua fitur yang disediakan. Bukalapak secara berkala selalu memperbaharui/me-maintenance situs/aplikasi nya mulai dari pembaharuan desain, sistem keamanan informasi user dan penambahan fitur-fitur seperti Bukareksa untuk user yang ingin melakukan investasi dan BukaEmas untuk jual-beli emas.





















DAFTAR PUSTAKA

https://id.techinasia.com/strategi-bukalapak-menjadi-e-commerce-terbesar
https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/03/190609526/penggunanya-kurang-nyaman-bukalapak-akan-kembangkan-tampilan-situsnya
https://thidiweb.com/sejarah-bukalapak/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Animasi & Desain Grafis Tutorial Membuat Animasi Menggunakan Macromedia Flash Player 8 Bagian 1

TREND SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI DI MASA KINI DAN MASA DEPAN

Amazon Go